KARANG TARUNA

Nama Lembaga: KARANG TARUNA
Singkatan: KARTAR
Dasar Hukum / SK Pembentukan:
Alamat Kantor: JL. AHMAD YANI DESA KEDUNGJAMBE KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN
Profil KARTAR

 

 
 

Apa itu pemuda karang taruna?

Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Karang Taruna tumbuh dan berkembang atas dasar adanya kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan di lingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Kesadaran dan tanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna.

Karang Taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus atau dikelola oleh generasi muda dan untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat. Karenanya setiap desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dapat menumbuhkan dan mengembangkan Karang Tarunanya sendiri.

Gerakannya di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial berarti bahwa semua upaya program dan kegiatan yang diselenggarakan Karang Taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasi mudanya.

 

Visi & Misi KARTAR

 

Visi Karang Taruna Desa Kedungjambe:
"Karang Taruna Desa Kedungjambe yang unggul, kreatif, dan berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat desa yang berkualitas, harmonis, dan sejahtera."

Misi Karang Taruna Desa Kedungjambe:

1. Pemberdayaan Pemuda: Mendorong pemuda di Desa Kedungjambe untuk mengembangkan potensi, keterampilan, dan pengetahuan mereka, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang positif di desa.

2. Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan: Mengadakan kegiatan sosial dan kemanusiaan, seperti program bakti sosial, donor darah, atau penyaluran bantuan kepada yang membutuhkan.

3. Pendidikan dan Pelatihan: Menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilan pemuda, seperti pelatihan kewirausahaan, keterampilan pertanian, atau literasi digital.

4. Kebersihan dan Lingkungan Hijau: Menggalakkan kesadaran lingkungan dan kebersihan di Desa Kedungjambe dengan mengadakan program penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan kegiatan lingkungan lainnya.

5. Kreativitas dan Seni: Mendukung pengembangan bakat seni dan budaya di kalangan pemuda desa, seperti seni musik, tari, seni rupa, dan lain-lain, untuk melestarikan budaya lokal.

6. Pemberdayaan Perempuan: Memberdayakan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

7. Kemitraan dan Kerjasama: Membangun kemitraan dan kerjasama dengan pemerintah desa, instansi non-pemerintah, dan komunitas lainnya untuk mendukung pembangunan desa yang berkelanjutan.

8. Kegiatan Olahraga dan Rekreasi: Menyelenggarakan kegiatan olahraga dan rekreasi yang sehat dan positif untuk mempromosikan gaya hidup aktif dan sehat di kalangan pemuda.

 

Tugas Pokok & Fungsi KARTAR

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia yang berperan dalam pengembangan potensi pemuda di tingkat desa atau kelurahan. Tugas dan pokok Karang Taruna di Desa Kedungjambe atau di mana pun di Indonesia mencakup berbagai aspek, dan peran mereka dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan kebutuhan lokal. Berikut adalah tugas dan pokok-pokok Karang Taruna:

Tugas Pokok Karang Taruna:

1. Pemberdayaan Pemuda: Salah satu tugas utama Karang Taruna adalah memberdayakan pemuda di desa atau kelurahan tersebut. Ini mencakup pengembangan potensi, keterampilan, dan pengetahuan pemuda agar mereka dapat berkontribusi secara        positif dalam pembangunan desa.

2. Partisipasi dalam Pembangunan: Karang Taruna berperan aktif dalam kegiatan pembangunan desa, termasuk program-program sosial, ekonomi, dan lingkungan. Mereka dapat mengorganisir kegiatan-kegiatan seperti pembersihan lingkungan, program        kesehatan, atau pelatihan kewirausahaan.

3. Pemberdayaan Perempuan: Selain pemuda, Karang Taruna juga harus memberdayakan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Ini bisa mencakup pendidikan, pelatihan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

4. Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan: Karang Taruna dapat melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan seperti donor darah, bantuan kepada masyarakat kurang mampu, atau partisipasi dalam penanggulangan bencana.

5. Pengembangan Bakat dan Kreativitas: Mendorong pengembangan bakat dan kreativitas pemuda dalam berbagai bidang seperti seni, budaya, olahraga, dan teknologi.

6. Kegiatan Keagamaan: Karang Taruna juga dapat terlibat dalam kegiatan keagamaan, seperti pemberian bantuan kepada masyarakat dalam pelaksanaan ibadah atau kegiatan keagamaan lainnya.

Pokok-pokok Karang Taruna:

1. Pengorganisasian: Karang Taruna diorganisasi dengan struktur yang jelas, termasuk pengurus, anggota, dan mekanisme pengambilan keputusan. Mereka biasanya memiliki ketua, sekretaris, bendahara, dan pengurus lainnya.

2. Kerjasama: Karang Taruna bekerja sama dengan pemerintah desa, instansi non-pemerintah, organisasi kepemudaan lain, dan komunitas lokal untuk mencapai tujuan bersama.

3. Pendidikan dan Pelatihan: Memberikan pendidikan dan pelatihan kepada anggotanya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

4. Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan: Melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti program sosial, kemanusiaan, dan amal.

5. Kegiatan Ekonomi: Mengembangkan program ekonomi yang membantu anggotanya menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian mereka.

6. Kegiatan Budaya dan Seni: Mendorong pengembangan dan pelestarian budaya lokal serta pengembangan bakat seni dan budaya di antara pemuda.

7. Kegiatan Lingkungan: Terlibat dalam program kebersihan lingkungan, penghijauan, dan pelestarian lingkungan.

8. Kegiatan Keagamaan: Melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai dengan nilai-nilai dan keyakinan masyarakat setempat.

Tugas dan pokok Karang Taruna adalah untuk membantu pemuda di desa atau kelurahan berkembang secara positif, berpartisipasi dalam pembangunan lokal, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Organisasi ini memiliki potensi besar untuk memengaruhi perubahan positif dalam masyarakat di tingkat lokal.

Kepengurusan KARTAR

       NO

NAMA

JABATAN

PENDIDIKAN

1

KITMAN THUFANI

KETUA

S1

2

M. FARHAN D.H

WAKIL KETUA

S1

3

SITI NUR HIKMAH

SEKRETARIS

S1

4

ARIF FAHMI AL MUZAQI

WAKIL SEKRETARIS

SLTA

5

SITI NUR LINA NINGSIH

BENDAHARA

S1

6

DELLA NUR AZIZAH PUTRI

WAKIL BENDAHARA

S1

7

RINI AGUSTIYANA

SEKBID PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

S1

8

LIA A’INI MAS IDHA

SEKBID PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

SLTA

9

DYAH PUTRI ACHTAUL R

SEKBID PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

SLTA

10

LULUT ZUHDIANA

SEKBID PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

S1

11

AHMAD NUR RIZAL

SEKBID USAHA KESEJAHTERAAN SOSIAL

SLTA

12

SITI NUR JANAH

SEKBID USAHA KESEJAHTERAAN SOSIAL

SLTA

13

M. KHOIRUN NI’AM

SEKBID USAHA KESEJAHTERAAN SOSIAL

SLTA

14

SALISATIN FITRIANI

SEKBID USAHA KESEJAHTERAAN SOSIAL

SLTA

15

AHMAD KHOIRUL ROSYADI

SEKBID KEAGAMAAN

SLTA

16

SITI A’ISAH

SEKBID KEAGAMAAN

SLTA

17

ALDI WIJAYA JANUARDI

SEKBID OLAH RAGA DAN SENI BUDAYA

SLTA

18

DEVI CAHAYA LESTARI

SEKBID OLAH RAGA DAN SENI BUDAYA

S1

19

M. NASIKIN

SEKBID OLAH RAGA DAN SENI BUDAYA

SLTA

20

YETI DWININGTYAS

SEKBID OLAH RAGA DAN SENI BUDAYA

S1

21

MOH. RIZAL UMAMI

SEKBID LINGKUNGAN HIDUP

SLTA

22

RISKA MAULA ROSYIDA

SEKBID LINGKUNGAN HIDUP

S1

23

LIBASATUR ROFIATUTALA

SEKBID LINGKUNGAN HIDUP

SLTA

24

MAHBUB ROSADI

SEKBID LINGKUNGAN HIDUP

SLTA

25

M. SHOLEH KURNIAWAN

SEKBID LINGKUNGAN HIDUP

SLTA

26

DWIL ILMA OKTAVIA

SEKBID HUMAS DAN KERJASAMA KEMITRAAN

SLTA

27

ISROATUL FITHRIYA

SEKBID HUMAS DAN KERJASAMA KEMITRAAN

SLTA

28

AHMAD WILDAN DIMYATI

SEKBID HUMAS DAN KERJASAMA KEMITRAAN

S2

29

M. RIFQI BAIHAQI

SEKBID HUMAS DAN KERJASAMA KEMITRAAN

SLTA

30

RINI MUJIATI

SEKBID HUMAS DAN KERJASAMA KEMITRAAN

SLTA